RSS
Wecome to my Blog, enjoy reading :)

Kamis, 24 Juni 2010

pengalaman melahirkan ragha




tadinya mo re-write pengalaman giving birth nya ragha, tapi koq ya malas.
ini juga udah lamaaaaa ga update residen, jadi ya kopas aja tulisn bu nia di milis sehat.

semoga memberi manfaat..hepi reading
-------------------------------------------------------------------------------------

Dear all,

akhirnya bs share juga.
makasih banyak buat k'hilda yg udh woro2 di milis dan buat semua sps dan para dokter yg udah ucapin selamat dan yg terpenting dapat kiriman doa dari semua untuk anak ke2 kami M.RAGHASYAH PATALA TSAQIF (ragha).

sebelumnya mohon maaf kalo sharenya kepanjangan dan rada lebay. aseli kangen ama milis. udh lama rasanya ga nyebur ke milis.

*PRENATAL

tgl 26 mar hari jumat kontrol ke dsog masuk 39w. BB bayi udh naik drastis sktr 3,1kg dr minggu sblmnya 2,7kg. alhamdulillah. kepala tetap udh dibawah tp sayangnya blm jg msk ke jalan lahir. sempat nanya jg ke milis soal kontraksi yg ga muncul2. pdhl jalan pagi rajin dijabanin. ngepel tangan tiap hari, nyuci piring sambil jongkok jg sanggup aja dikerjain (pdhl nyupir adalah kerjaan yg paling disebelin..hehe). mulai resah dan gelisah. takut kalo sc lagi. dr hsl usg itu dokter kasi waktu 1 minggu lagi dan disuru kontrol balik tgl 1 apr. hari senin mulai ngerasa gerakan bayi sedikit berkurang. sorenya telpon ke tempat praktek buat daftar hari rabu. ternyata dari hsl usg terakhir itu air ketuban udh mulai berkurang, bayi kelilit pusar lagi sebanyak 2lilitan. menurut dsog hal ini yg bikin bayi ga bs turun ke jalan lahir..Ya Allah..kenapa harus selalu begini ya??

akhirnya tanpa basa basi lagi dokter tanya kapan bisa dibuka(sc maksudnya). kami minta hari minggu aja, krna mikir razan bs dititip dirumah kakakku. tp dokter ga setuju. kelamaan katanya, diusulin hari jumat. diskusi dadakan ma suami ditempat, akhirnya kita putusin besoknya terus sc. biar suami jg ga perlu ijin kelamaan krn dpt long wiken dan razan pun bs diurusin ama kakakku yg kerja.
pulang dr dokter kita langsung ke rumkit pilihan untuk ambil kamar untuk besoknya. sambil gitu sempat diskusi sekali lagi ama pihak rumkit. alhamdulillah prosedur NB yg sc sesuai ama keinginan. ga pake disinar kalo bayi ga kuning.

*HARI H

sesuai anjuran dokter jam 8.30 pagi aku udh mulai puasa hingga 5 jam kedepan. krna sc dijadwalkan jam 1.30.
jam 10 diantar suami ke rumkit . sejujurnya sutris. soalnya ga berharap hrs sc lg. beberapa perawat dan bidan silih berganti masuk ke kamar buat ngontrol kondisi aku. untungnya mereka ramah2 dan bersahabat sekali. cuma yg berat adalah melawan rasa lapar yg begitu luar biasa.
jam 1 siang aku masuk ke ruang bersalin, untuk persiapan sblm sc. akunya berusaha sok tenang pdhl udh dag dig dug. bidannya kayanya tau. berulang2 dia nenangin aku sambil urut2 tangan aku. liat jarum infus udh sutris, pas mau dipasang keteter jg ampe aku mnta dipasang abs di bius aja. bidannya nanya apa mau nt dipasang ama perawat pria..APAA?? koq ada perawat cowok ntar? kata mereka kebetulan yg kena dinas ya rekan pria nya itu. yasud, dgn menahan nyeri (lebayy) aku merelakan saat itu jg dipasangi keteter.

ternyata jadwal molor. jam 2 kurang aku baru masuk ke ruang sc. tambah lemes pas tau tim nya cuma ada 3 orang wanita dan 5 orang pria..ampun dije..rada parno kebanyakan pria. akhirnya dsog dtg jam 2.10 dan aku langsung dibius. beda ama pas sc razan dl, jarak dibius ama bedah sekitar 15 menit. ini cm 5 menit. dengan perut yg udh kosong dan efek bius, 5 menit abis di bius aku langsung mual. belum lagi bayinya dikeluarin aku udh muntah. tapi yg bikin kaget, begitu dsog belah blio menjerit: "ya ampun nia, dinding rahimnya udh tipis coba nunggu lagi ampe minggu bs koyak ni. ini rambut anaknya udh keliatan."

*IMD

pas ragha lahir, dsa udh mau lgsg IMD, tp krna aku udh lemes krn beberapa x muntah akhirnya ditunda. ragha dibawa keruang bersalin (disebelah ruang sc). ga lama dsa balik lagi ama bidan sambil gendong ragha dan mau coba IMD. memang ga IMD murni dan ragha jg langsung diarahin ke puting karna ga bs ditempelin lama di dada, soalnya dsog kerjanya juga diperut atas. ditambah akunya yg udh lemes. tp liat reaksinya ragha udh bersyukur jg. bidan jg lapor kalo ragha udh di suntik Hep B, polio tetes, vit K, ama salep AB mata.

10 menit sebelum selesai mendadak aku menggigil hebat. dokter anastesi panik. perawat menggosok2 lengan aku. AC udh dimatiin semua tp tetap menggigil. trus dokter anastesi suntikin obat ke infus, sayangnya aku ga sempat nanyain obat apa. yg aku ingat abis obat disuntik dokter langsung meres2 botol infusnya supaya cairan infus cepet masuk ke badan. sc selesai tp aku msh menggigil. selimut tebal dan kain 3 lapis ga ngaruh. didorong ke kama yg jg ga jauh dr ruang operasi aku msh menggigil. setelah di dlm kamar beberapa waktu barulah kondisi mulai stabil. dsa dan bidan yg udh nunggu kondisi aku langsung diajak IMD lagi..hehe..jgn kumplen ya..bagi aku ini tetep IMD, mengingat razan dl 6jam abs lahir br bs dikasi mimik.
begitu ragha ditempelin ke dada wuiihhh dia langsung "ganas" cari2. bener2 ga nyangka bs liat sendiri dia merangkak nyari puting. kiri kanan blm ada tujuan yg jelas. dsa seneng banget liat reaksinya. dan cm 30 menit ragha bisa "nyosor". kata bidannya termasuk cepat. biasa yg IMD lama2 bs ampe 1 jam. dan kami sempat ketipu. ragha tu udh merangkak ke kanan. kirain udh mau nyaplok PD kanan, ternyata dia belok arah dan langsung ke kiri..subhanallah...luar biasa memang..
setelah ragha berhasil mimik langsung ditidurin disamping aku. rumkitnya ga sediain kamar bayi jd totally rooming in.

*POST NATAL

sepanjang hari itu sambl baring aku bs nyusui ragha. hanya karna infus di kanan, kalo mau mimik di kanan harus ada yg megangin.
Jum'at sore dsog kontrol. aku ngeluh perut aku terasa kembung. buang angin jg udh susah sejak siang lepas infus. belum lagi perban yg menempel erat bikin nyeri. aku diresepin Omeprazole, non flamin, ama cepik. kata dokter aku udh bs pulang. cm aku mau nunggu dsa visit sekali lagi bsk paginya. malam itu, kembung di perut semakin hebat. jam 9 barulah datang perawat bawain obat2an. sayangnya aku ga bs dan ga sempat jg buat brsoing soal obat2annya. dsog cm jelasin omeprazole untuk kembung, non flamin untuk anti infeksi, dan cepik AB. kata dsog karna kmrn aku sempat menggigil jd bs jd ada infeksi..??
jujur dilema, antara sangsi ama penjelasan dokter ama ingat menggigilnya itu. jd terpaksa semua diminum..(pe-er buat nyari kandungan obat2annya, thx buat mb ria yg udh mau bantuin gugling).

*@ HOME

hari ke-4 puser ragha puput. kecepatan rasanya. mengingat razan dl ampe 10 hari. tp kata bidan yg bantuin mandiin malah bgs, berarti pusernya selalu terawat baik. tp di hari ke 4 itu muncul jaundice. aq ga panik. nyadar ini krna ragha sempat kurang mimik sehari sebelumnya. karna kelelahan aku sempat bablas ketiduran. blm lagi D kanan sempat bengkak dan putingnya jd lecet. eh, jadinya kena mastitis. lengkap sudah. jd parno kalo mau nyusui ragha di kanan. kesimpulan bodoh aku ragha breastfeeding jaundice. observasi ketat. dan melawan rasa sakit pas ragha mimik dr PD kanan.
ragha mulai malas bangun. pipis aja ga nangis. dikitik2 anteng aja.

hari ke 10 kontrol pertama ke dsa. kuningn udh mulai berkurang. tp BB blm naik. msh 2,8kg. dsa blg msh ada waktu toleransi ampe hari ke 14 untuk kuningnya. blio encourage banget untuk tetep kasi asi. malah blio blg kalo ibu coba2 kasi susu formula silahkan hadapi saya. trus blio jelasin panjang lebar soal jaundice ini. intinya asupan asi tetep utama dan harus dipersering. oya, karna ragha blm di cek gol darah pas lahir dsa rujuk saat itu jg tes gol darah buat nyingkirin kuning krna beda gol darah.
trus aku tanya ke dsa," dok, kalo beda gol darah bukannya dr lahir udh kuning. kuning patologis kan dok?". dokter jawab: "iya. tp meski skrg fisiologis tetap hrs waspada". mm...berusaha mengingat2 yg udh pernah dibaca2. sambil gt aku langsung ke lab rumkit. dan alhamdulllah ragha sama gol darahnya ama aku yaitu O. sebenarnya abs lahir aku mnta langsung di tes gol darah, kata perawat hari terakhir aja. cm pas mau pulang aku malah lupa. krna tes gol darah blm menjadi prosedur manajeman NB di kota aku. ujung2nya meski blio pro asi dan enak diajak diskusi, rasanya ga afdhol kalo ga kasi oleh2 ya.
ragha diresepin puyer isinya luminal ama satu lagi obatnya kaya mises kt dsa kasinya pake air. emang dijelasin efek dr luminal anaknya bakal tdr terus. aku tanya kalo tdr terus gmn mau kejar mimiknya. jawab dokter" gpp, ini saya kasi dosis paling kecil cm 5ml"..sighhh...
obat yg kaya mises buat ilangin kuningnya..hehehe...abs nulis resep dan kelar, perawat langsung ambl resep buat dibawa ke apotik. di luar ruang praktek aku kejar perawat trus aku blg, tebusnya bs ntar aja ga soalnya ponakan yg antar perlu cepat. muka perawatnya rada ga enak. masih berusaha maksa dgn janji ga bakal lama. tp aku berkeras mau langsung pulang. dan rasanya males untuk kontrol lagi di hari ke 14 ke dsa untuk cek kuningnya. di hari ke 19 ini, kuningnya udh hampir hilang. apalagi dpt penguatan dr mb ade klo BF jaundice bs sampe 30 hari. trus ditambah cerita mb lia, kalo kei jg pernah kuning ampe 14 hari. jd makin tenang.

cuma yg msih jadi pemikiran BB nya ragha di hari ke 16 blm ada kenaikan jg. kebetulan dkt rmh ada polindes. jd numpang nimbang. BAB dan BAK jg bagus. asupan nutrisiku jg udh ditingkatin lagi, cm memang agak lelah krn abs melahirkan ga ada ART. cm ada yg bantu cuci kain ragha ama setrika. apa pengaruh ya?
kalo pun ragha cm dpt foremilk bukannya BB tetep bs naik meski dikiiiitt banget??
ini msh mantau terus. dan nunggu hari selasa ini mau bawa ragha ke puskesmas untuk BCG. pas di rumkit petugasnya ga ada yg mau krna pada ga tega katanya suntik imunisasi BCG. thx buat mb nia n mb dina buat share soal asinya.
menurut dsa bs jd BB nya ga naik karna asi ku kurang begizi. jadinya dia mimik lama2. yg bener itu kalo mimik 15menitan trus dia tdr kekenyangan. bukan mimik kanan kiri bergantian terus2an. kemaren memang smpt gt. ragha kalo mimik panjang sesinya. kiri kana gantian bs 2x. tp tdrnya jg jd lama. makanya aku sempat bablas jg ketiduran pas tengah malam.
skrg udh mulai mimik dr sebelah PD trus terkulai kekenyangan. kalo dipompa foremilknya aja ga encer. jd agak binun aja ama masalah ini.

oiya, sejak hari ke 9 puser ragha suka agak berdarah. pdhl pusernya udh mau msk. dan abs puput jg ga ada masalah apa2. cm pas ke dsa lupa ditanyain. kayamya kalo ragha nangis kekencengan juga suka berdarah. ini jg lagi dipantau ketat. kalo ada yg pernah ngalamin mohon dishare ya..


huaaa...sharenya jd curcol yg kepanjangan ya...maap banget buat yg pake kuota. gini ni kalo hasrat nulis kependam..belum lagi sejak bbrpa waktu pake mode nomail. kangen berat ama milis.

oiya, mau ucapin terima kasih juga buat teman2 yg udh cek kondisi kami sekeluarga pas gempa di aceh 14 apr lalu. what a great sehat family dah pokoknya..:)

semoga share yg lebay ini ada secuil manfaat. yg penting sblm hamil n melahirkan kumpulin ilmu banyak2nya. lebih penting drpd persiapan baby stuffs.

salam hangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 silahkan masuk ke residen bu nia Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Ezwpthemes