RSS
Wecome to my Blog, enjoy reading :)

Rabu, 05 Agustus 2009

razan's breastfeeding moment


berhubung bulan agustus ini adalah bulan ASI nasional, jadi ingat ama momen nyusuin razan.

dr hamil aku berusaha cr info sebnayak mngkn soal bayi.tp blm ada satu org yg nyaranin untuk ngasi ASI.sampe pas umur kehamilan sktr 5 bln, salah seorang teman kantor lilis, nyaranin aku untuk bs kasi ASI ke anak ku nanti. trus, ada temen kantor ku yg lain yaitu k'dewi ngasih aku buku2 panduan selama kehamilan dan pasca melahirkan. dr buku itu aku belaajr banyak soal asi, trus bagaimana memberikan asi ketika ibu sudah harus kembali bekerja.

akhirnya dgn modal "seadanya" itu, aku dan suami niatin anak kami harus dapat ASIX.

untunglah ketika lahir razan g sempat dapat susu formula, meskipun udh sempat dibelikan.berhubung lahirnya malam, dan aku udh on off, bidan nyaranin unutk beli satu kaleng kecil susu formula.negliat kondisi aku, suami aku jd nurut ama si bidan.tapi untunglah ga sempat diberikan.krna paginya, msk bidan muda yg langsung nawarin untuk ngajarin aku nyusu.begitu aku setuju, dia lgsng ambil razan dr kamar bayi disebelah(saat itu aku msh ditempatin diruang bersalin, krn g dpt kamar).

si bidan sabar bgt.apalagi begitu mulut razan didekatin,dia langsung inisiatif buat nyusu.blm terlalu pinter.tp krn bidannya tahan pegangin razan, jadi razan makin mantap.sampai akhirnya dia lepasin sendiri. hal itu jd semangat besar buat aku.sampai akhirnya pindah ke kamar dan razan bs rooming in.

BACK TO WORK

1 bln menjelang habis cuti melahirkan, aku mulai siapin merah asi. berdasarkan panduan dr buku itu.msh blm kenal milis sehat dan mb luluk :D

awal2nya cm bs merah 10-30ml.yg tetap aku simpan di freezer.ibu mertua jd ikut ngalah krn freezernya aku bajak.jdnya tiap hr musti belanja, krn ikan g bs disimpan dlm freezer..:)

dr awalnya cm 10ml, sampe bs 100ml menjelang bbrpa hari msk ekrja. tp krn tabungan asi sudah hampi memenuhi freezer yg kecil itu.

hari pertama masuk kerja rasanya beraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaattttttttttt....
didalam tas udh disiapin pompa,kantung penyimpan,spidol.berhubung di kantor ada kulkas, jd aku bs simpan sampai jam istrhat.

mulanya sulit mompa dikantor. pertama krn g da ruangan yg proper.jd mau g mau pk toilet sbntr...hikss...
untunglah, akhirnya bs merah diruangan shalat.jd lebih pw..dan sekali mompa bs dapat 200-250ml..
makin suburlah tabungan asi.

temen2 kantor awalnya msh heran dgn rutinitas aku.blm lagi yg harus bela2in tiap jam istrht plg ke rumah, yg jaraknya 15kiloan.dgn waktu istrhat yg cm 1 jam, biasanya kami(aku&suami) plg hanya untuk oleh2in razan asip.sukur2 pas pulang razan lagi g bobo, jd bs lngsg disusui.kalo g, aku cm bisa mandang2in wajah inosen nya...hiks...makin g kuat balik kek kantor..

bolak balik dengan jarak yg cukup jauh itu (sehari total kami bolak balik kanotr -rumah kurang lebih 90km..fiuuuhhh...g kebayang bs dijalanin), jd ga kerasa lagi jauhnya..apalagi liat pertumbuhan razan yg cukup memuaskan...

yg paling sedih pas aku hrs ikut pelatihan dr kanotr.udh pasti g bs plg. dan lokasi mompa hanya dibawah meja panitia...:(
tp temen2 yg udh tau alhamdulillah ikut bantuin.minimal nutupin aku.supaya aku lbh nyaman. makin nyaman kita pas mompa asi, makin banyak lah produksinya..!!
untungnya suami aku juga supporter utama.selama aku pelatihan itu, tiap jam istrhat blio jemput asip trus bw plg kerumah. sbnrnya stok asip amat sangat cukup, tp demi lancarnya produksi, aku harus tetap mompa..thanx ya pak...

lewat usia 6bln yg artinya razan lulus s1 sarjana asi, diteruskan dgn sarjana s2 asi diusia 1thn dan s3 asi diusia 2thn, bikin kami sedikit lega.salah satu kewajiban kami sabagai ortu sudah kami tunaikan..meskipu sederet tugas lainnya menanti..

JOINED MILIS SEHAT

ketemu ama milis sehat secara g sengaja.dimulai dr chating2 dgn mb mila yg kenal dr forum ayah bunda akhirnya dikenalin ke milis super itu.dan ketemu ama orang2 super. salah satunya master asi, mb luluk. yg siap ditanyain apa aja tentang asi. pengetahuan aku soal asi jd tambah banyak krn mb luluk...salut buat mb luluk...pdhl alisha udh gede banget, tp mb luluk ga berhenti support ortu2 baru untuk memberikan asi pd bayi mereka..

dr milis sehat ini juga, aku, ranti ama k'neri bs buat acara PESAT ACEH..meskipun menurut kami respon ga begitu rame, dengan peserta hanya 80an orang, tapi kami jd bangga, krn kata Bunda Wati, untuk ukuran Aceh yg membernya hanya 3 org, acara ini amat sangat sukses. dan kalo g da milis ini, aku g berani tampil, untuk ceritain pengalaman aku nyusui dan ikut jawab pertanyaan2 seputar asi..
awalnya aku disiapin untuk presentasi, tapi entah knp rasanya memberikan ilmu dgn menceritakan pengalaman koq lebih enak ya???hehehehe....maaf ya bun dan dr.ian...aku lari dr konsep...xixixi....

FINALLY

aceh harus punya satu peraturan tentang pelarangan memberikan susu formula bagi bayi baru lahir.kenapa?krn itu jd semacam pemasukan utama bagi rumkit..tp tanpa disadari, mereka menyakit bayi merah itu...

satu lagi, kita sendiri lah yg harus 'melawan' kebiasaan tsb.kalo kita sbgai orang tua bs tegas, maka rumkit ga akan berani macam2...kalo memang merasa ada masalah dengan cara menyusui sesegera mungkin cari info dr sumber yg tepat. jangan takut kalo menyusui bs merusak bentuk tubuh...masa menyusui adalah masa yg paling indah...masa dimana ibu dan anak amat sangat dekat.pandang2an, saling dekap, saling menggenggam tangan..terlalu indah untuk dilewatkan...

SELAMAT BULAN ASI NASIONAL....TIDAK PERLU PERAYAAN YG MENGHABISKAN LISTRIK DISELURUH ACEH,TIDAK PERLU PERAYAAN YG MENGHABISKAN BANYAK BIAYA...CUKUP DENGAN MENDUKUNG ORANGTUA2 BARU UNTUK MELAKSANAKAN SALAH SATU KEWAJIBAN MEREKA THDP ANAKNYA...DAN TEGAS TERHADAP RUMKIT YG MEMBERIKAN SUSU FORMULA..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 silahkan masuk ke residen bu nia Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Ezwpthemes